Selasa, 03 Januari 2012

Personal Leadership

Apakah Anda memiliki rencana hidup??
Ataukah Anda selalu menjadi bagian dari rencana orang lain??
Apakah Anda mengendalikan aktivitas Anda ??
Ataukah Anda merasa dikendalikan oleh aktivitas & rutinitas yang Anda jalani??
Apakah Anda tahu pasti apa yang Anda lakukan sekarang, dan apa yang Akan Anda lakukan berikutnya??
Ataukah Anda merasa gamang dan bingung memutuskan, hal apa yang akan Anda lakukan hari ini dan esok??
Jika Anda sering merasa menjadi bagian dari rencana orang lain, merasa dikendalikan oleh rutinitas, dan merasa tidak berdaya atas hal-hal yang terjadi pada diri Anda, besar kemungkinan Anda tidak memiliki personal leadership yang baik.
Apa itu personal leadership?. Personal leadership adalah dorongan dan kemampuan dalam diri seseorang untuk bertanggung jawab secara penuh terhadap kehidupannya. Seorang yang memiliki personal leadership yang baik, memiliki rencana hidup yang matang. Dia tahu apa yang ingin dicapainya dalam 5, 10, bahkan 20 tahun ke depan. Dan karena tahu apa yang ingin diwujudkannya di masa depan, orang yang memiliki personal leadership yang bagus sangat tahu apa yang harus dilakukannya secara konsisten, agar ia sampai pada sasarannya.
Jika Anda memiliki personal leadership, Anda tidak akan menggantungkan motivasi Anda hanya pada situasi atau orang-orang di luar Anda. Anda menerima apresiasi, senang dengan prestasi, bahagia jika mendapat insentif, dan antusias ketika gagasan-gagasan baru Anda diterima. Tapi, ketikapun itu semua tidak Anda dapatkan, Anda tetap mampu mendorong diri Anda sendiri untuk melakukan hal-hal dengan sama baiknya ketika anda mendapatkan apresiasi, bahkan lebih baik dari itu. Jadi, jika personal leadership Anda bagus, Anda tidak akan mudah terpengaruh oleh situasi luar, Anda bisa mengendalikan dan mendorong diri Anda sendiri, dari dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar